Kecintaan Pada PP. Nurul Jadid (情qínɡ定dìnɡ新xīn光ɡuānɡ)


(sumber foto:Kelas bahasa mandarin di Ponpes Nurul Jadid bersama guru native dari Cina [Jumat 21/Oktober/2022,LANGIT7.ID]

Penulis:qiáopénɡ

怀huáichuāizheduìqièwèizhīdehào,láile,láidàoyìndenián,bèipàiwǎnɡ suǒjīnɡyuàn,zhèzuòxínɡɡǔlǎodejīnɡyuànxīnɡuānɡjīnɡyuàn"( PP NURUL JADID ) zuòluòfèiyuèshìdemǒuɡèhǎibīnxiǎocūn,hǎibiāndàoliǎnɡɡōnɡ,yǒu duōjiǔdeshǐhěnnánshuōqīnɡ,xuéshēnɡzhònɡduō,děnɡyánmínɡ,jīnɡyuànshíxínɡzhǎnɡlǎo zhì,xiànɡlezhōnɡɡuóɡǔdàidefēnfēnɡxiǎoɡuóxīnɡuānɡjīnɡyuànmiànyǒuzhǎnɡlǎotuán,chánɡ dōuchūzhè,yònɡɡèxiǎoxínɡwánɡɡuóláixínɡrónɡwéiɡuò,dānɡránzhèɡexiǎowánɡɡuóyǒumendelǐnɡxiù,jiùshìzhǎnɡlǎo,shènzhìshuōjīnɡdesuǒyǒuqièɡuīzhǎnɡlǎosuǒyǒu,zhǎnɡlǎoyàozhīshíyuān,wéirénzhènɡzhí,yǒuàizhīxīn,dǒnɡqiónɡrénmín,yàoshēnmínzhònɡàidài……zhǎnɡlǎoduōyào,duōzhǎnɡlǎodeérànzhàoniánbèizūnwéizhǎnɡlǎo,cānɡuǎnjīnɡyuàndechánɡshìzhǎnɡlǎoshíxínɡzhǎnɡchénɡzhìzhǎnɡlǎoduìzhěnɡɡèjīnɡyuànyǒujuéduìdehuàquán,jìndemíndōufènɡruòshénmínɡ

 

(yǒu)()(), (ɡè)(lǎo)(shī)(dài)()()(bàn)(yín)(xínɡ)(),(zǒu)(zhǎnɡ)(lǎo)(mén)(qián)(de)()(huì)(hěn)(jìn)(hěn)(duō),(dàn)(shì)()(ɡe)(lǎo)(shī)(dài) ()(shāo)(le)(hěn)()()(quān)()(wèn)()(wèi)(shén)(me)()(zǒu)(zhǎnɡ)(lǎo)(mén)(qián)(de)(),()(ɡào)()()()(bān)()(zǒu)()(biān),()()(chē)(huò)()(tuō)(chē)(de)(shēnɡ)(yīn)(tài)()()(rǎo)(zhǎnɡ)(lǎo)(xiū)()()(shuō)(měi)(ɡe)(rén)(dōu)(yào)(duì)(zhǎnɡ)(lǎo)(zūn)(jìnɡ),()(ɡònɡ)(jiàn)(ɡuò)()(zhǎnɡ)(lǎo)(liǎnɡ)(),()(mén)(de)(zhǎnɡ)(lǎo)(shì)()(ɡè)(hěn)()()(de)(rén),(wéi)(rén)(qīn)(),(duì)(hàn)()(jiào)(xué)()(hěn)(zhī)(chí)()(shuō)(xiàn)(zài)()(xiànɡ)(jiào)()()(shēn)(qǐnɡ),()(wànɡ)(zài)()(xué)()(miàn)()(shè)()(wén)(xué)(yuàn)

 

Saya datang ke Indonesia dengan keinginan keras. Pada tahun pertama, saya mengajar di "PP NURUL JADID" yang besar dan tradisional. Sekolah tersebut terletak di sebuah desa nelayan kecil, Kota Probolinggo, la berjarak kurang dari dua kilometer dengan laut. Saya kurang tahu sejarahnya berapa lama.

 

Siswanya banyak dan mempunyai tingkatan yang ketat. Sekolah itu dipimpin oleh kiai, seperti negara kecil pada masa Tiongkok kuno. Para kiai di PP NURUL JADID memutuskan semua urusan. Bahkan, dapat dikatakan bahwa segala isi dalam PP NURUL JADID dimiliki oleh kepala kiai. Dia harus berpengetahuan luas, jujur, memperhatikan rakyat miskin, dicintai dan dihormati rakyat.

 

Para kiai mempunyai beberapa istri dan anak laki-laki. Anak-anak lelaki kepala kiai menjadi kiai menurut umurnya, dan berpartisipasi mengurus urusan sehari-hari di PP NURUL JADID, Jabatan kepala kiai diwarisi oleh anak lelaki sulung. Para kiai berhak mutlak dan dikagumi oleh penduduk di dekatnya.

 

Suatu kali, seorang guru membawa saya untuk membuat kartu bank. Sebenarnya jika melewati jalan depan rumah kiai sangat dekat, tetapi guru itu membawa saya melewati satu jalan lain yang panjang. Saya menanyakannya mengapa? Dia memberi tahu saya karena takut suara mobil atau motor terlalu keras sehingga mengganggu para kiai beristirahat.

 

Dia juga mengatakan bahwa setiap orang harus menghormati para kiai. Saya telah bertemu dengan kepala kiai dua kali. Beliau seorang yang sangat sederhana, ramah, dan juga mendukung pengajaran bahasa Mandarin. Beliau mengatakan bahwa beliau telah mengajukan permohonan kepada Kementerian Pendidikan untuk mendirikan jurusan bahasa Mandarin di universitas.

 

(xīn)(ɡuānɡ)()(jīnɡ)(yuàn)(shè)(yǒu)()()(de)(xué)(xiào),(ɡònɡ)(yǒu)()(wàn)(duō)(xué)(shēnɡ),(xià)(shè)(sān)(ɡè)(yòu)(ér)(yuán), (sān)(ɡè)(xiǎo)(xué),(sān)(ɡè)(chū)(zhōnɡ),(sān)(ɡè)(ɡāo)(zhōnɡ),(sān)(ɡè)(xué)(yuàn)((hòu)(jīnɡ)(jiào)()()()(zhǔn)()(bìnɡ)(hòu)(chénɡ) ()(xīn)(ɡuānɡ)()(xué)),()(jiù)(shì)(shuō)()()()(cónɡ)(yòu)(ér)(yuán)(dào)(yán)(jiū)(shēnɡ),()(dōu)()()(zài)(zhè)()(jiù) (),(xīn)(ɡuānɡ)()(jīnɡ)(yuàn)(zài)(yìn)()(hěn)(yǒu)(mínɡ),()(shǐ)(yōu)(jiǔ)(jiào)(xué)(yán)(ɡé),()(xiǎnɡ)(kāi)(fànɡ)(bāo)(rónɡ) (tài)(ɡuó),()()西()()(yǒu)(hěn)(duō)(xué)(shēnɡ)()(yuǎn)(qiān)(wàn)()(lái)()(xué)()(ɡǔ)(lán)(jīnɡ)()(shuō)(zhè)(yànɡ)(de)() (jīnɡ)(yuàn)(zài)(yìn)()()()(xiǎo)(xiǎo)(yǒu)3000(suǒ),(cónɡ)()(men)(de)(xìn)(niàn)(zhōnɡ)()(ɡǎn)(shòu)(dào)(le)(zōnɡ)(jiào)()(liànɡ)(de) (qiánɡ)(),()(xué)(dào)(le)(duì)()(biāo)(de)(jiān)(chí),(duì)(xìn)(yǎnɡ)(de)(jiān)(chí)()(xiè)

 

PP NURUL JADID memiliki tiga taman kanak-kanak (TK), tiga sekolah dasar, tiga sekolah menengah pertama, tiga sekolah menengah atas, dan tiga akademi (telah disetujui Kementerian Pendidikan menjadi satu universitas) dengan lebih dari 10.000 siswa. Dengan kata lain, Anda dapat belajar di sini dari TK sampai S-2. PP NURUL JADID terkenal di Indonesia, sejarahnya panjang, pengajarannya ketat, dan pemikirannya terbuka serta toleransi. Banyak siswa dari Thailand dan Malaysia jauh-jauh datang ke sini untuk belajar Alquran. Dikatakan bahwa terdapat 3.000 pesantren di Indonesia baik besar maupun kecil. Dari kepercayaan mereka, saya telah merasakan kekuatan agama. Saya juga telah belajar bersikeras pada tujuan dan iman.

 

(zài)(zhè)(yànɡ)()(suǒ)(yán)(jiū)(xué)()(ɡǔ)(lán)(jīnɡ)(de)()(fānɡ),(ɡuà)(zhe)()()(pái)(biǎn),(shànɡ)(shū)(yāo)(qiú)(zhī)(dào)(zhōnɡ)(ɡuó)(liù)(ɡè)(zhōnɡ)(wén)()(),()(kāi)(shè)(le)()(nián)(duō)(de)(hàn)()(),()(nián)(jiān)(hàn)()()(cónɡ)(wèi)(zhōnɡ)(duàn),(zhōnɡ)(ɡuó)(lǎo)(shī)(cónɡ)(wèi)(jiān)(quē)(zhōnɡ)(wén)(zhuān)()()(zhǎn)(hěn)(hǎo),(měi)(nián)(dōu)(huì)(yǒu)(èr)(shí)(duō)(mínɡ)(xué)(shēnɡ)(bèi)(pài)(wǎnɡ)(zhōnɡ)(ɡuó)(ɡè)(ɡāo)(xiào)(jiù)()(běn)()(huò)(shuò)(shì),(tónɡ)(yànɡ)(měi)(nián)(dōu)(huì)(yǒu)(hěn)(duō)(cónɡ)(zhōnɡ)(ɡuó)(xué)(chénɡ)(bái)(lái)(de)(lǎo)(shī)(huí)(rèn)(jiào),(huò)(zhě)(bèi)(pài)(wǎnɡ)()()()(fānɡ)(rèn)(jiào),(zhè)()()(de)()(jìn)(le)(hàn)()(de)(jiào)(xué)()()(zhǎn),(xīn)(ɡuānɡ)()(jīnɡ)(yuàn)(yǎn)(rán)()(jīnɡ)(chénɡ)(wéi)(dōnɡ)(zhǎo)()()(suǒ)(zhònɡ)(yào)(de)(zhōnɡ)(wén)(xué)()(xué)(xiào)

 

Di sekolah untuk mempelajari Alquran ini, bergantung sebuah plakat, dan ditulis enam kata dalam bahasa Mandarin "Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Tiongkok". Sekolah ini telah membuka mata kuliah bahasa Mandarin selama delapan tahun lebih.

 

Dalam delapan tahun ini, kuliah bahasa Mandarin tidak pernah dihentikan, guru-guru dari Tiongkok tidak pernah kurang. Jurusan bahasa Mandarin berkembang dengan sangat baik. Setiap tahun, 20 siswa lebih dikirim ke berbagai universitas di Tiongkok untuk mendapat gelar sarjana atau master.

 

Setiap tahun, banyak guru yang telah lulus kembali dari Tiongkok untuk mengajar di sini, atau dikirim ke tempat lain untuk mengajar. Ini telah sangat mempromosikan pengajaran dan pengembangan bahasa Mandarin. PP NURUL JADID telah menjadi sebuah sekolah untuk belajar bahasa Mandarin yang penting di Jawa Timur.

 

(zhè)()(yǒu)(hěn)(duō)(ɡuī)(dìnɡ),(nán)()()()(yào)(fēn)(xiào)()(xué)(),(huà)(dìnɡ)(huó)(dònɡ)()(xué)()()(), (yán)(jìn)(xiānɡ)(jiàn)()(lǎo)(shī)()()()(jiào)(nán)(shēnɡ),(dàn)(shì)(nán)(lǎo)(shī)()()(jiào)()(xué)(shēnɡ),(xué)(shēnɡ)()(nénɡ) (dài)(shǒu)(),(shí)(xínɡ)()宿()(zhì),(zhǐ)(yǒu)(hán)(shǔ)(jiǎ)()()(huí)(jiā),(měi)(zhōu)()(shì)(xiū)()()(zhè)(shì)(shǔ) ()(xīn)(ɡuānɡ)()(jīnɡ)(yuàn)()()(de)(wén)(huà)()(mén)()()(yào)(xué)(huì)(zūn)(zhònɡ)()()(jiě)

 

Ada banyak peraturan di sini: pria dan wanita harus belajar di kampus yang berbeda, beraktivitas di area yang berbeda, dan dilarang saling bertemu. Guru perempuan tidak boleh mengajar siswa laki-laki, tetapi guru laki-laki boleh mengajar siswi perempuan. Siswa dilarang membawa ponsel, harus tinggal di asrama, hanya boleh pulang ke rumah pada liburan semester, berlibur pada setiap hari Jumat. Ini adalah budaya istimewa PP NURUL JADID. Kita harus menghargai dan memahami.

 

(xué)(shēnɡ)(zhù)(zài)()(jīnɡ)(de)宿()(shè)()(miàn),(línɡ)(chén)3(diǎn)(bàn)(zuǒ)(yòu)()(chuánɡ),()(shù)()(bài) (xué)()(ɡǔ)(lán)(jīnɡ)(děnɡ),(rán)(hòu)(shànɡ)()9(diǎn)()(xué)(xiào)(shànɡ)(),(xià)()15:00(diǎn)(qián)(yào)()(kāi)(xué)(xiào) (huí)(dào)()(jīnɡ)(yuàn)()()(huò)(zhě)(xué)()(ɡǔ)(lán)(jīnɡ)(xué)(shēnɡ)(zài)()(jīnɡ)(yuàn)(nèi)()(yǒu)()(liànɡ)(de)(huó)(dònɡ),(zōnɡ) (jiào)(huó)(dònɡ),(ɡè)(zhǒnɡ)()(sài)(děnɡ),()(bān)(wǎn)(shànɡ)23:30(zuǒ)(yòu)(shuì)(jiào),(yǒu)(de)()(nénɡ)(ɡènɡ)(wǎn),(xué)(shēnɡ) (de)(shuì)(mián)(shí)(jiān)(hěn)(duǎn),(huó)(dònɡ)(hěn)(duō),(dǎo)(zhì)(le)(yǒu)(xiē)(xué)(shēnɡ)(zài)(bái)(tiān)(shànɡ)()(de)(shí)(hòu)(hūn)(hūn)(chén) (chén),(zhè)()()()(xué)(),(dàn)(shì)()(duō)(shù)(xué)(shēnɡ)(de)(jīnɡ)(shén)(zhuànɡ)(tài)(hái)(shì)(hěn)(hǎo),宿()(shè)(àn)(zhào)(bān) ()(huà)(fēn),(shì)()()()(tōnɡ)(),()(ɡè)(zhènɡ)(chánɡ)30(duō)(pínɡ)(fānɡ)(de)(liǎnɡ)(jiān)(fánɡ)(de)()宿()(shè),()()(shuì) (rén),(fēi)(chánɡ)(yōnɡ)()()()()()()(men)宿()(shè)(de)(shí)(hòu),(bèi)(yǎn)(qián)(de)(chǎnɡ)(jǐnɡ)(jīnɡ)(dāi)(le) (yìn)()(tiān)()(yán)(),(quán)(nián)(jūn)(wēn)(zài)(èr)(shí)()()(shànɡ),()()(ér)(zuò),()()(ér)(),()()(jīnɡ) (chénɡ)(wéi)(le)()(zhǒnɡ)()(shū)(de)(yìn)()(wén)(huà),

 

Siswa tinggal di pondok PP NURUL JADID, bangun sekitar pukul 3:30, lalu mencuci

muka dan menyikat gigi, salat, mempelajari Alquran, dan sebagainya. Kemudian berangkat ke sekolah pada pukul 09:00. Setelah pulang sekolah mereka kembali ke pesantren untuk mempelajari Alquran, mengikuti banyak acara keagamaan, dan berbagal lomba. Dari pukul 15.00 sampal sekitar pukul 23:30 bahkan lebih malam.

 

Beberapa siswa merasa mengantuk sehingga tidak bisa fokus selama di kelas pada pagi hari, akibat kurang tidur dan acaranya banyak. Namun, sebagian besar siswa masih bersemangat. Kamarnya dibagi menurut kelasnya. Dua kamar jadi satu, luasnya 30 meter persegi lebih, dapat menampung 40-50 orang dan sangat sesak.

 

Ketika saya pertama kali pergi ke pondok mereka, saya terkejut pada situasi tersebut di depan mata saya. Iklim di Indonesia panas sekali dan suhu rata-rata 20 derajat lebih sepanjang tahun. Duduk dan berbaring di lantai telah menjadi budaya khas Indonesia.

 

()(chū)()(wéi)(xué)(shēnɡ)(men)(dōu)(hěn)(qiónɡ),(rán)(ér)(bìnɡ)(fēi)()(),()(bìnɡ)(fēi)(xué)(xiào)()(nénɡ)()(ɡōnɡ)(ɡènɡ)(hǎo) (de)(shēnɡ)(huó)(huán)(jìnɡ),(xiào)(zhǎnɡ)()(zhǐ)()()(zài)(ɡōnɡ)(kāi)(chǎnɡ)()(jiǎnɡ)(dào),(xué)(xiào)(shì)(yào)(rànɡ)()(men)(cónɡ)(xiǎo)(yǎnɡ)(chénɡ) (chī)()()(zhōnɡ)()(fānɡ)(wéi)(rén)(shànɡ)(rén)(de)()(ɡuàn)(yào)(rànɡ)()(men)(dǒnɡ)()()()(shēnɡ)(huó)()()(fēn)(xiǎnɡ)、葉 ()(chénɡ)(dān),(bānɡ)(zhù)()(rén),()()()()(xué)()(de)(jīnɡ)(shén)

 

Saya mengira para siswa sangat miskin, tetapi tidak begitu, dan juga bukan karena sekolah tidak dapat menyediakan lingkungan hidup yang lebih baik. Kepala sekolah telah beberapa kali mengatakan secara umum bahwa membiasakan mereka mengalami kesulitan di sekolah sejak usia muda. Dan juga mengajarkan mereka mengetahui bagaimana hidup secara kolektif, berbagi dengan orang lain, bertanggung jawab bersama-sama, membantu orang lain, dan belajar keras.

 

(lái)(dào)(zhè)()(méi)(duō)(jiǔ),()()宿()(shè)(zǒu)(dònɡ),(tīnɡ)(dào)(xué)(shēnɡ)(zài)(yǎn)(jiǎnɡ),()(men)(huì)(dìnɡ)()() (zhī)(zhōnɡ)(wén)(yǎn)(jiǎnɡ)(jiǎnɡ)(ɡù)(shì)(biǎo)(yǎn)(děnɡ)(yǒu)()()(tīnɡ)(dào)()(men)(shuō):(zhōnɡ)(ɡuó)()(jiānɡ)(chénɡ)(wéi)(shì)(jiè) (shànɡ)(de)(chāo)()()(ɡuó),(xué)(shēnɡ)(duì)(zhōnɡ)(ɡuó)(yǒu)()(zhǒnɡ)()(yànɡ)(de)(xiànɡ)(wǎnɡ),()(men)(jué)(de)(zhōnɡ)(ɡuó)()(), (zhì)()(jiàn)(quán),(wén)(huà)()(yùn)(shēn)(hòu),(ɡōnɡ)(zuò)()(huì)(duō)

 

Setelah datang ke sini tidak lama, saya mengunjungi asramanya, mendengar siswa sedang berpidato. Mereka secara teratur mengorganisasi latihan berpidato, bercerita, menampilkan pertunjukan dalam bahasa Mandarin, dll. Suatu kali saya mendengar mereka berkata, "Tiongkok pasti akan menjadi adikuasa di dunia." Para siswa mendambakan Tiongkok karena mereka mengira bahwa Tiongkok maju, sistemnya baik, kebudayaannya bersejarah lama, dan ada banyak kesempatan kerja.

 

()()()(xiǎnɡ)(xiànɡ),(zài)(zhè)(yànɡ)()(ɡè)(piān)(yuǎn)()(),(yǒu)(zhè)(yànɡ)()(qún)(xué)(shēnɡ),()(men)(de)(hàn) ()()()(ɡēn)()(zhí)(jiē)()(zhànɡ)(ài)(jiāo)(liú)(shànɡ)()()()(běn)(shɑnɡ)()(huì)使(shǐ)(yònɡ)(zhōnɡ)(jiè)(),(suǒ)()(zài)(zhè) ()(jìn)()(nián)(de)(shí)(jiān),()(de)(yìn)()()()()(zěn)(me)(yànɡ),()(xiǎnɡ)()(men)(de)(chénɡ)()(shì)(yǒu)()(ɡònɡ)() (de),()(men)(de)()()()(shì)(yǒu)()(ɡònɡ)()(de)()(bìnɡ)()(rèn)(wéi)(zhè)(shì)(hàn)()(lǎo)(shī)(jiào)(de)(hǎo),(měi) (zhōu)(zhǐ)(yǒu)100(duō)(fēn)(zhōnɡ)(de)()(shí),(shì)(jué)(duì)()()(dào)(zhè)(me)(hǎo)(de)(xué)()(xiào)(ɡuǒ)(zhè)(yào)(ɡuī)(ɡōnɡ)() (xué)(shēnɡ)(de)(qín)(fèn)()(),(jiān)(chí)()(xiè),(xué)(shēnɡ)(de)(tài)()(duān)(zhènɡ)()()()(),(xué)(shēnɡ)(shuō)()(men) ()()(chénɡ)()(le)(jiān)()(xiǎo)(),(měi)(tiān)(zài)宿()(shè)(yào)(shuō)(hàn)(),()(ɡuǒ)(méi)(yǒu)(shuō)(jiù)(yào)(āi)()

 

Di luar dugaan, ada sekelompok siswa di daerah terpencil ini yang bisa langsung berkomunikasi dengan Anda dalam bahasa Mandarin. Saya hampir tidak usah menggunakan bahasa Indonesia dalam kelas karena itu bahasa Indonesia saya tetap belum mempunyai kemajuan dalam setahun.

 

Prestasi dan upaya mereka sudah jelas bagi umum. Saya mengira ini bukan karena pengajaran guru bahasa Mandarin baik Karena 100 menit lebih di dalam kelas per minggu tidak mungkin mencapai efek yang begitu baik, melainkan karena para siswa rajin belajar, bekerja keras, bersikap baik, dan bisa mengontrol diri.

 

Para siswa mengatakan bahwa mereka membentuk tim untuk supervisi diri berbicara bahasa Mandarin setiap hari di pondok. Jika mereka ndak mengatakannya, mereka aikan dihukum.

 

(zài)2017(nián)(de)(liǎnɡ)(ɡè)()()(bān)(zhōnɡ),(ɡònɡ)(yǒu)26(ɡè)(xué)(shēnɡ)()(zhōnɡ)(ɡuó)(liú)(xué),()(chū)()(men) (wèn)()(zhōnɡ)(ɡuó)()(xiē)(xué)(xiào)(zuì)(hǎo)(de)(shí)(hòu),()(hái)(hěn)(jīnɡ)(),()()(men)(shēn)(qǐnɡ)(shī)(bài),(dàn)(shì)() (hái)(shì)(wéi)()(men)(měi)(ɡe)(rén)(luó)(liè)10(ɡè)(xué)(xiào),(ɡōnɡ)()(men)(xuǎn)()(zuì)(hòu)()(men)(hěn)(bànɡ),(xià)(mén) ()(xué)(shànɡ)(hǎi)(wài)(ɡuó)()()(xué)(zhōnɡ)(shān)()(xué)(nán)(jīnɡ)()(xué)()(nán)()(xué)...(zhè)(xiē)(zài)(ɡuó)(nèi) (de)(yōu)(xiù)()(xué)(dōu)(chénɡ)(wéi)(le)()(men)(de)(nánɡ)(zhōnɡ)(zhī)()()(xiǎnɡ)(shì)()(men)()(ɡòu)(yōu)(xiù),(cái)(huì)()() (xìnɡ)(yùn),(měi)()()(wèn)()(men)(de)(mènɡ)(xiǎnɡ)(shì)(shén)(me), ()(men)(dōu)(shuō):()(zhōnɡ)(ɡuó)(liú)(xué),(xué)(shēnɡ)(de)() (),(huì)(rànɡ)()(ɡǎn)(dònɡ),(yǒu)(xiē)(shí)(hòu)()(huì)(ɡǔ)()(),(rèn)()(shì)(dōu)(yào)(yǒu)()(biāo),(dōu)(yào)(jiān)(chí) ()(xiè)(de)()()(wán)(chénɡ)

 

Dari dua kelas kelulusan pada 2017, total 26 siswa belajar ke Tiongkok. Ketika mereka menanyakan saya bahwa universitas apa yang bagus di Tiongkok, saya sangat terkejut karena takut mereka gagal ketika mendaftar ke universitas tersebut, tetapi saya tetap merekomendasikan sepuluh universitas untuk per orang supaya dipilih.

 

Pada akhirnya, mereka diterima oleh universitas-universitas luar biasa di Tiongkok dengan sukses, yakni Universitas Xiamen, Universitas Bahasa Asing Shanghai, Universitas Zhongshan, Universitas Nanjing. Universitas Jinan, dan lain-lain. Saya mengira mereka sangat beruntung karena cukup unggul.

 

Setiap kali saya bertanya kepada mereka apa Impian mereka, mereka semua berkata: belajar ke Tiongkok. Kerja keras para siswa menyentuh dan mendorong saya untuk bersikeras memenuhi tujuan dengan usaha.

 

(zài)()(jīnɡ)(yuàn)(de)()(nián)()(xué)(dào)(le)(hěn)(duō),(duì)(yìn)()(yǒu)(le)()(ɡè)(quán)(xīn)(de)(rèn)(shi)(zài)(zhè) ()()()(huì)(le)(xiǎnɡ)(shòu)(ɡū)(),(xué)(huì)(le)(rónɡ)()(yìn)()(wén)(huà)()(jīnɡ)(yuàn)()(chǔ)(piān)(),(fānɡ)(yuán)100 (ɡōnɡ)()(zuǒ)(yòu)()(huì)(yǒu)()(èr)(ɡè)(zhōnɡ)(ɡuó)(rén),(chū)()(zhè)(ɡe)(huán)(jìnɡ),(hěn)(shì)()(shēnɡ),(xué)(xiào)()()(zhǎo)()(hǎi)(zhí)线(xiàn)()()()(dào)(liǎnɡ)(ɡōnɡ)(),(yǒu)(kōnɡ)(de)(shí)(hòu)(huì)()(hǎi)(biān)(zǒu)(zǒu),(chuī)(chuī)(hǎi)(fēnɡ),(kàn)(biàn) (mín)(chū)(hǎi)()(),(ǒu)(ěr)()(kàn)(ɡè)()(chū),(kàn)(ɡè)()(yánɡ)(rén)(yán)(luò)()(shì)(tiān)(),(zhǎo)()(tiān)() ()(jiàn)(jiā),(cónɡ)(zhè)(piàn)(hǎi)()()(wànɡ)(),便(biàn)(shì)(yáo)(yuǎn)(de)(jiā)(xiānɡ)(zài)(zhè)(),(ɡènɡ)(duō)(de)(shì)(lái)() (nèi)(xīn)(de)(ɡū)()

 

Saya belajar banyak di PP NURUL JADID selama setahun dan memiliki pemahaman baru tentang Indonesia. Di sini saya juga telah terbiasa sendiri dan dapat memahami budaya Indonesia, PP NURUL JADID terletak di tempat yang terpencil, dan tidak ada orang Tiongkok lain di sekitarnya.

 

Saya merasa sangat asing pada lingkungan ini. Sekolah ini berjarak kurang dari dua kilometer dari Laut Jawa. Ketika ada waktu, saya berjalan-jalan ke pantai, ditiup angin laut dan menonton para nelayan berlayar untuk menangkap ikan. Kadang-kadang, saya juga menikmati matahari terbit dan terbenam. Ketika matahari terbenam di ujung laut, saya memandang ke ujung sana di mana kampung halaman yang jauh berada. Di sini, saya sering merasa sepi.

 

(zài)(zhè)()(de)()(nián)()(dài)(xué)(shēnɡ)(zuò)(ɡè)(zhǒnɡ)(zhōnɡ)(wén)(huó)(dònɡ),()(yàn)(zhōnɡ)(ɡuó)(wén)(huà),()(xiànɡ)()(men) (xué)()(yìn)()()(zài)(ɡuó)()()(xué)(kǒnɡ)()(xué)(yuàn)(zhōnɡ)(fānɡ)(yuàn)(zhǎnɡ)()(ɡuì)(rónɡ)(de)(bānɡ)(zhù)(xià),(qiān)线(xiàn) ()(lánɡ)(kǒnɡ)(yuàn)()()(jīnɡ)(yuàn)(qiān)(dìnɡ)(jiào)(le)(yōu)(xiù)(hàn)()(xué)()(shēnɡ)(jiǎnɡ)(xué)(jīn)(xié)()

 

Selama satu tahun di sini, saya memimpin siswa untuk melakukan berbagai acara, merasakan budaya Tiongkok, dan juga belajar bahasa Indonesia kepada mereka. Dengan bantuan Liao Guirong, direktur pihak Tiongkok Pusat Bahasa Mandarin (PBM) di Universitas Negeri Malang (UM), PBM UM menandatangani perjanjian beasiswa tentang "Siswa Unggul Jurusan Bahasa Mandarin"

 

(zài)(zhè)()(ɡū)()(de)()(nián)()(chénɡ)(zhǎnɡ)(le)(hěn)(duō)()(ěr)(màn)·(hēi)(sài)(shuō),(duì)(měi)(ɡe)(rén)(ér) (yán),(zhēn)(zhènɡ)(de)(zhí)()(zhǐ)(yǒu)()(ɡè):(zhǎo)(dào)()(),(rán)(hòu)(zài)(xīn)(zhōnɡ)(jiān)(shǒu)()()(shēnɡ),(quán)(xīn)(quán) (),(yǒnɡ)()(tínɡ)(),(zhè)()(de)(ɡōnɡ)(zuò)(yǒu)(qīnɡ)(sōnɡ)()(yǒu)()()(zuò)(wéi)()(mínɡ)(hàn)()(jiào)(shī)(zhì)(yuàn)(zhě) (méi)(yǒu)(jiān)(chí),()(méi)(yǒu)()()()(wǎnɡ),(zhǐ)(yǒu)(jiān)(shǒu)(jiān)(shǒu)(nèi)(xīn)(de)(mènɡ)(xiǎnɡ)()(zhǐ)(shì)()(ɡè) (zuì)()(tōnɡ)(de)(hàn)()(chuán)()(zhě),()(xiānɡ)(xìn)(wèi)(lái)(yǒu)()(tiān),(quán)(shì)(jiè)(dōu)(zài)(shuō)(zhōnɡ)(ɡuó)(huà),(hàn)() (zhī)(huā)(huì)(shènɡ)(kāi)(zài)(shì)(jiè)(de)(měi)()(ɡè)(jiǎo)(luò),

 

Perkembangan saya pesat selama setahun yang sepi di sini. Hermann Hesse pernah mengatakan bahwa tanggung jawab satu-satunya yang benar bagi setiap orang adalah menemukan diri sendiri. Kemudian berpegang teguh padanya seumur hidupdengan sepenuh hati dan tanpa henti.

 

Pekerjaan di sini mudah dan menegangkan. Sebagai seorang guru sukarelawan bahasa Mandarin, saya harus berpegang teguh pada impian seperti sebelumnya. Saya, sebagai salah satu penyebar bahasa Mandarin, percaya bahwa di seluruh dunia semuanya akan berbicara bahasa Mandarin pada suatu hari di masa depan.

 

(suī)(rán)(yìn)()(shì)()(ɡè)88%(de)()()(lín)(ɡuó)(jiā),(dàn)(shì)(yìn)()()(zài)()(duàn)(de)(ɡǎi)(ɡé),() (duàn)(de)(bāo)(rónɡ)()()(wén)(huà)()(jīnɡ)(yuàn)(fēi)(chánɡ)(zūn)(zhònɡ)(zhōnɡ)(ɡuó)(lǎo)(shī),(shēnɡ)(huó)(shànɡ)(duì)(zhōnɡ)(ɡuó)(lǎo)(shī)(fēi)(chánɡ) (zhào)(ɡù),()(wēi)()(zhì),(jìn)(liànɡ)(mǎn)()()(qiè)()(qiú),(bìnɡ)()()(nián)(zài)(zhè)()(rèn)(jiào)(de)(zhōnɡ)(ɡuó)(lǎo)(shī) (de)(zhào)(piàn)(ɡuà)(zài)(jiào)(shì)(hòu)(qiánɡ)()(shì)(zūn)(zhònɡ)(zài)(zhè)()(xué)(shēnɡ)(men)(duì)(zhōnɡ)(ɡuó)(hěn)(ɡǎn)(xìnɡ)(),()(fēi)(chánɡ) ()(huān)(xué)()(hàn)(),(ɡāo)(zhōnɡ)(èr)(nián)()(de)(xué)(shēnɡ)(quán)()(dōu)(nénɡ)()(dào)HSK(sān)()(shuǐ)(pínɡ),(ɡāo)(èr)()(bàn) (nénɡ)()(dào)HSK()(),(děnɡ)(dào)(ɡāo)(sān)(shí)(yǒu)(de)(xué)(shēnɡ)(jiù)()(dào)HSK(),2017(nián)11(yuè),(ɡuó) (jiā)(hàn)(bàn)(zài)(xīn)(ɡuānɡ)()(jīnɡ)(yuàn)(shè)()(le)HSK(wǎnɡ)(kǎo)(diǎn),(yóu)()()(jiàn)(xīn)(ɡuānɡ)()(jīnɡ)(yuàn)(zhōnɡ)(wén)(zhuān)()(zài) (dōnɡ)(zhǎo)()(de)(zhònɡ)(yào)(xìnɡ)

 

Meskipun Indonesia adalah negara yang 88% dari total penduduknya beragama Islam, tetapi ia sedang melaksanakan reformasi dan toleransi terhadap budaya lain. PP NURUL JADID sangat menghormati guru-guru Tiongkok, dan sangat memperhatikan mereka dalam kehidupan, dan memenuhi semua keperluannya dengan sebisa mungkin.

 

Foto-foto guru Tiongkok yang pernah mengajar di sini selama tahun-tahun dulu digantung di dinding belakang ruang kelas untuk menunjukkan rasa hormat. Para siswa di sini sangat tertarik pada Tiongkok, dan juga sangat menyukai belajar bahasa Mandarin.

 

Siswa tingkat dua di Sekolah Menengah Atas (SMA) semuanya dapat mencapai HSK 3, dan setengah siswa dapat mencapai HSK 4. Beberapa siswa tingkat tiga SMA, dapat mencapai level HSK 5. Pada November 2017, PP NURUL JADID menjadi salah satu tempat ujian HSK yang dirikan Pusat Institute Konfusius. Itu menunjukkan bahwa jurusan Bahasa Mandarin di PP NURUL JADIO memiliki kedudukan penting di Jawa Timur.

1 comments

  1. Sebuah catatan yang perlu didaras dan dibahas untuk pengembangan bahasa Mandarin di Nurul Jadid.

    BalasHapus