Penulis:乔鹏
怀揣着对一切未知的好奇,我来了,来到印尼的第一年,我被派往 一所习经院,这座大型、古老的习经院”新光习经院"( PP NURUL JADID ) 坐落于废越市的某个海滨小漁村里,距离海边不到两公里,具体有 多久的历史很难说得清,学生众多,等级严明,习经院实行长老负责 制,像极了中国古代的分封小国。新光习经院里面有长老团,日常决议 都出自这里,用一个小型王国来形容它也不为过,当然这个小王国也有他们自己的领袖,那就是大长老,甚至可以说经的所有一切归大长老所有,大长老要知识渊博,为人正直,有博爱之心,懂得体穷苦人民,要深得民众爱戴……长老多要,多子。大长老的儿子按照年齡被依次尊为长老,参与管理习经院的日常事务。大长老实行嫡长子继承制。长老对整个习经院有绝对的话语权,附近的居民都奉若神明。
有一次, 个老师带我去办银行卡,走长老门前的路会很近很多,但是那个老师带 我烧了很大一圈。我问他为什么不走长老门前的路,他告诉我一般不走那边,怕汽车或摩托车的声音太大打扰长老休息。他说每个人都要对长老尊敬,一共见过大长老两次,我们的长老是一个很朴素的人,为人亲和,对汉语教学也很支持。他说现在已向教育部申请,希望在大学里面也设立文学院。
Saya datang ke Indonesia dengan keinginan keras. Pada tahun pertama, saya mengajar di "PP NURUL JADID" yang besar dan tradisional. Sekolah tersebut terletak di sebuah desa nelayan kecil, Kota Probolinggo, la berjarak kurang dari dua kilometer dengan laut. Saya kurang tahu sejarahnya berapa lama.
Siswanya banyak dan mempunyai tingkatan yang ketat. Sekolah itu dipimpin oleh kiai, seperti negara kecil pada masa Tiongkok kuno. Para kiai di PP NURUL JADID memutuskan semua urusan. Bahkan, dapat dikatakan bahwa segala isi dalam PP NURUL JADID dimiliki oleh kepala kiai. Dia harus berpengetahuan luas, jujur, memperhatikan rakyat miskin, dicintai dan dihormati rakyat.
Para kiai mempunyai beberapa istri dan anak laki-laki. Anak-anak lelaki kepala kiai menjadi kiai menurut umurnya, dan berpartisipasi mengurus urusan sehari-hari di PP NURUL JADID, Jabatan kepala kiai diwarisi oleh anak lelaki sulung. Para kiai berhak mutlak dan dikagumi oleh penduduk di dekatnya.
Suatu kali, seorang guru membawa saya untuk membuat kartu bank. Sebenarnya jika melewati jalan depan rumah kiai sangat dekat, tetapi guru itu membawa saya melewati satu jalan lain yang panjang. Saya menanyakannya mengapa? Dia memberi tahu saya karena takut suara mobil atau motor terlalu keras sehingga mengganggu para kiai beristirahat.
Dia juga mengatakan bahwa setiap orang harus menghormati para kiai. Saya telah bertemu dengan kepala kiai dua kali. Beliau seorang yang sangat sederhana, ramah, dan juga mendukung pengajaran bahasa Mandarin. Beliau mengatakan bahwa beliau telah mengajukan permohonan kepada Kementerian Pendidikan untuk mendirikan jurusan bahasa Mandarin di universitas.
新光习经院设有自己的学校,共有一万多学生,下设三个幼儿园, 三个小学,三个初中,三个高中,三个学院(后经教育部批准合并后成 立新光大学),也就是说你可以从幼儿园到研究生,你都可以在这里就 读,新光习经院在印尼很有名,历史悠久、教学严格,思想开放包容。 泰国,马拉西亚有很多学生不远千万里来此学习古兰经。据说这样的习 经院在印尼大大小小有3000所,从他们的信念中我感受到了宗教力量的 强大,也学到了对目标的坚持,对信仰的坚持不懈。
PP NURUL JADID memiliki tiga taman kanak-kanak (TK), tiga sekolah dasar, tiga sekolah menengah pertama, tiga sekolah menengah atas, dan tiga akademi (telah disetujui Kementerian Pendidikan menjadi satu universitas) dengan lebih dari 10.000 siswa. Dengan kata lain, Anda dapat belajar di sini dari TK sampai S-2. PP NURUL JADID terkenal di Indonesia, sejarahnya panjang, pengajarannya ketat, dan pemikirannya terbuka serta toleransi. Banyak siswa dari Thailand dan Malaysia jauh-jauh datang ke sini untuk belajar Alquran. Dikatakan bahwa terdapat 3.000 pesantren di Indonesia baik besar maupun kecil. Dari kepercayaan mereka, saya telah merasakan kekuatan agama. Saya juga telah belajar bersikeras pada tujuan dan iman.
在这样一所研究学习古兰经的地方,挂着一副牌匾,上书“要求知到中国“六个中文大字,它开设了八年多的汉语课,八年间汉语课从未中断,中国老师从未间缺。中文专业发展很好,每年都会有二十多名学生被派往中国各高校就读本科或硕士,同样每年都会有很多从中国学成白来的老师回來任教,或者被派往其他地方任教,这极大的促进了汉语的教学和发展,新光习经院俨然已经成为东爪哇一所重要的中文学习学校。
Di sekolah untuk mempelajari Alquran ini, bergantung sebuah plakat, dan ditulis enam kata dalam bahasa Mandarin "Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Tiongkok". Sekolah ini telah membuka mata kuliah bahasa Mandarin selama delapan tahun lebih.
Dalam delapan tahun ini, kuliah bahasa Mandarin tidak pernah dihentikan, guru-guru dari Tiongkok tidak pernah kurang. Jurusan bahasa Mandarin berkembang dengan sangat baik. Setiap tahun, 20 siswa lebih dikirim ke berbagai universitas di Tiongkok untuk mendapat gelar sarjana atau master.
Setiap tahun, banyak guru yang telah lulus kembali dari Tiongkok untuk mengajar di sini, atau dikirim ke tempat lain untuk mengajar. Ini telah sangat mempromosikan pengajaran dan pengembangan bahasa Mandarin. PP NURUL JADID telah menjadi sebuah sekolah untuk belajar bahasa Mandarin yang penting di Jawa Timur.
这里有很多规定,男女必须要分校区学习,划定活动和学习区域, 严禁相见。女老师不可以教男生,但是男老师可以教女学生,学生不能 带手机,实行寄宿制,只有寒暑假可以回家,每周五是休息日这是属 于新光习经院自己的文化。我们必须要学会尊重和理解。
Ada banyak peraturan di sini: pria dan wanita harus belajar di kampus yang berbeda, beraktivitas di area yang berbeda, dan dilarang saling bertemu. Guru perempuan tidak boleh mengajar siswa laki-laki, tetapi guru laki-laki boleh mengajar siswi perempuan. Siswa dilarang membawa ponsel, harus tinggal di asrama, hanya boleh pulang ke rumah pada liburan semester, berlibur pada setiap hari Jumat. Ini adalah budaya istimewa PP NURUL JADID. Kita harus menghargai dan memahami.
学生住在习经的宿舍里面,凌晨3点半左右起床,洗漱、礼拜、 学习古兰经等,然后上午9点去学校上课,下午15:00点前要离开学校 回到习经院补习或者学习古兰经。学生在习经院内部有大量的活动,宗 教活动,各种比赛等,一般晚上23:30左右睡觉,有的可能更晚,学生 的睡眠时间很短,活动很多,导致了有些学生在白天上课的时候昏昏沉 沉,这不利于学习,但是大多数学生的精神状态还是很好,宿舍按照班 级划分,是集体大通铺,一个正常30多平方的两间房的大宿舍,可以睡 人,非常拥挤。第一次去他们宿舍的时候,被眼前的场景惊呆了。 印尼天气炎热,全年均温在二十度以上,席地而坐,席地而卧,也已经 成为了一种特殊的印尼文化,
Siswa tinggal di pondok PP NURUL JADID, bangun sekitar pukul 3:30, lalu mencuci
muka dan menyikat gigi, salat, mempelajari Alquran, dan sebagainya. Kemudian berangkat ke sekolah pada pukul 09:00. Setelah pulang sekolah mereka kembali ke pesantren untuk mempelajari Alquran, mengikuti banyak acara keagamaan, dan berbagal lomba. Dari pukul 15.00 sampal sekitar pukul 23:30 bahkan lebih malam.
Beberapa siswa merasa mengantuk sehingga tidak bisa fokus selama di kelas pada pagi hari, akibat kurang tidur dan acaranya banyak. Namun, sebagian besar siswa masih bersemangat. Kamarnya dibagi menurut kelasnya. Dua kamar jadi satu, luasnya 30 meter persegi lebih, dapat menampung 40-50 orang dan sangat sesak.
Ketika saya pertama kali pergi ke pondok mereka, saya terkejut pada situasi tersebut di depan mata saya. Iklim di Indonesia panas sekali dan suhu rata-rata 20 derajat lebih sepanjang tahun. Duduk dan berbaring di lantai telah menjadi budaya khas Indonesia.
起初以为学生们都很穷,然而并非如此,也并非学校不能提供更好 的生活环境,校长不止一次在公开场合讲到,学校是要让他们从小养成 吃得苦中苦方为人上人”的习惯。要让他们懂得集体生活、集体分享、葉 体承担,帮助他人,刻苦努力学习的精神。
Saya mengira para siswa sangat miskin, tetapi tidak begitu, dan juga bukan karena sekolah tidak dapat menyediakan lingkungan hidup yang lebih baik. Kepala sekolah telah beberapa kali mengatakan secara umum bahwa membiasakan mereka mengalami kesulitan di sekolah sejak usia muda. Dan juga mengajarkan mereka mengetahui bagaimana hidup secara kolektif, berbagi dengan orang lain, bertanggung jawab bersama-sama, membantu orang lain, dan belajar keras.
来到这里没多久,我去宿舍走动,听到学生在演讲,他们会定期组 织中文演讲、讲故事、表演等。有一次听到他们说:中国必将成为世界 上的超级大国,学生对中国有一种謎一样的向往,他们觉得中国发达, 制度健全,文化底蕴深厚,工作机会多。
Setelah datang ke sini tidak lama, saya mengunjungi asramanya, mendengar siswa sedang berpidato. Mereka secara teratur mengorganisasi latihan berpidato, bercerita, menampilkan pertunjukan dalam bahasa Mandarin, dll. Suatu kali saya mendengar mereka berkata, "Tiongkok pasti akan menjadi adikuasa di dunia." Para siswa mendambakan Tiongkok karena mereka mengira bahwa Tiongkok maju, sistemnya baik, kebudayaannya bersejarah lama, dan ada banyak kesempatan kerja.
你无法想象,在这样一个偏远地区,有这样一群学生,他们的汉 语可以跟你直接无障碍交流。上课我基本上不会使用中介语,所以在这 里近一年的时间,我的印尼语也不怎么样,我想他们的成绩是有目共睹 的,他们的努力也是有目共睹的。我并不认为这是汉语老师教的好,每 周只有100多分钟的课时,是绝对达不到这么好的学习效果。这要归功于 学生的勤奋努力,坚持不懈,学生的态度端正、刻苦自律,学生说他们 自己成立了监督小组,每天在宿舍要说汉语,如果没有说就要挨打。
Di luar dugaan, ada sekelompok siswa di daerah terpencil ini yang bisa langsung berkomunikasi dengan Anda dalam bahasa Mandarin. Saya hampir tidak usah menggunakan bahasa Indonesia dalam kelas karena itu bahasa Indonesia saya tetap belum mempunyai kemajuan dalam setahun.
Prestasi dan upaya mereka sudah jelas bagi umum. Saya mengira ini bukan karena pengajaran guru bahasa Mandarin baik Karena 100 menit lebih di dalam kelas per minggu tidak mungkin mencapai efek yang begitu baik, melainkan karena para siswa rajin belajar, bekerja keras, bersikap baik, dan bisa mengontrol diri.
Para siswa mengatakan bahwa mereka membentuk tim untuk supervisi diri berbicara bahasa Mandarin setiap hari di pondok. Jika mereka ndak mengatakannya, mereka aikan dihukum.
在2017年的两个毕业班中,共有26个学生去中国留学,起初他们 问我中国哪些学校最好的时候,我还很惊讶,怕他们申请失败,但是我 还是为他们每个人罗列10个学校,供他们选择。最后他们很棒,厦门 大学、上海外国语大学、中山大学、南京大学、暨南大学...这些在国内 的优秀大学都成为了他们的囊中之物。我想是他们足够优秀,才会如此 幸运,每次我问他们的梦想是什么, 他们都说:去中国留学,学生的努 力,会让你感动,有些时候也会鼓励我,任何事都要有目标,都要坚持 不懈的努力完成。
Dari dua kelas kelulusan pada 2017, total 26 siswa belajar ke Tiongkok. Ketika mereka menanyakan saya bahwa universitas apa yang bagus di Tiongkok, saya sangat terkejut karena takut mereka gagal ketika mendaftar ke universitas tersebut, tetapi saya tetap merekomendasikan sepuluh universitas untuk per orang supaya dipilih.
Pada akhirnya, mereka diterima oleh universitas-universitas luar biasa di Tiongkok dengan sukses, yakni Universitas Xiamen, Universitas Bahasa Asing Shanghai, Universitas Zhongshan, Universitas Nanjing. Universitas Jinan, dan lain-lain. Saya mengira mereka sangat beruntung karena cukup unggul.
Setiap kali saya bertanya kepada mereka apa Impian mereka, mereka semua berkata: belajar ke Tiongkok. Kerja keras para siswa menyentuh dan mendorong saya untuk bersikeras memenuhi tujuan dengan usaha.
在习经院的一年我学到了很多,对印尼有了一个全新的认识。在这 里我也会了享受孤独,学会了融入印尼文化。习经院地处偏僻,方圆100 公里左右不会有第二个中国人,初入这个环境,很是陌生,学校距离爪哇海直线距离不到两公里,有空的时候会去海边走走,吹吹海风,看遍 民出海捕鱼,偶尔也看个日出,看个夕阳。人言落日是天涯,沼极天涯 不见家,从这片海极目望去,便是遥远的家乡。在这里,更多的是来自 内心的孤独。
Saya belajar banyak di PP NURUL JADID selama setahun dan memiliki pemahaman baru tentang Indonesia. Di sini saya juga telah terbiasa sendiri dan dapat memahami budaya Indonesia, PP NURUL JADID terletak di tempat yang terpencil, dan tidak ada orang Tiongkok lain di sekitarnya.
Saya merasa sangat asing pada lingkungan ini. Sekolah ini berjarak kurang dari dua kilometer dari Laut Jawa. Ketika ada waktu, saya berjalan-jalan ke pantai, ditiup angin laut dan menonton para nelayan berlayar untuk menangkap ikan. Kadang-kadang, saya juga menikmati matahari terbit dan terbenam. Ketika matahari terbenam di ujung laut, saya memandang ke ujung sana di mana kampung halaman yang jauh berada. Di sini, saya sering merasa sepi.
在这里的一年我带学生做各种中文活动,体验中国文化,也向他们 学习印尼语。在国立大学孔子学院中方院长度桂蓉的帮助下,牵线 玛琅孔院和习经院签订教了“优秀汉语学习生”奖学金协议。
Selama satu tahun di sini, saya memimpin siswa untuk melakukan berbagai acara, merasakan budaya Tiongkok, dan juga belajar bahasa Indonesia kepada mereka. Dengan bantuan Liao Guirong, direktur pihak Tiongkok Pusat Bahasa Mandarin (PBM) di Universitas Negeri Malang (UM), PBM UM menandatangani perjanjian beasiswa tentang "Siswa Unggul Jurusan Bahasa Mandarin"
在这里孤独的一年我成长了很多。赫尔曼·黑塞说,对每个人而 言,真正的职责只有一个:找到自我,然后在心中坚守其一生,全心全 意,永不停息,这里的工作有轻松也有压力。作为一名汉语教师志愿者 没有坚持,也没有一如既往,只有坚守。坚守内心的梦想。我只是一个 最普通的汉语传播者,我相信未来有一天,全世界都在说中国话,汉语 之花会盛开在世界的每一个角落,
Perkembangan saya pesat selama setahun yang sepi di sini. Hermann Hesse pernah mengatakan bahwa tanggung jawab satu-satunya yang benar bagi setiap orang adalah menemukan diri sendiri. Kemudian berpegang teguh padanya seumur hidupdengan sepenuh hati dan tanpa henti.
Pekerjaan di sini mudah dan menegangkan. Sebagai seorang guru sukarelawan bahasa Mandarin, saya harus berpegang teguh pada impian seperti sebelumnya. Saya, sebagai salah satu penyebar bahasa Mandarin, percaya bahwa di seluruh dunia semuanya akan berbicara bahasa Mandarin pada suatu hari di masa depan.
虽然印尼是一个88%的穆斯林国家,但是印尼也在不断的改革,不 断的包容其他文化。习经院非常尊重中国老师,生活上对中国老师非常 照顾,无微不至,尽量满足一切需求,并把历年在这里任教的中国老师 的照片挂在教室后墙以示尊重。在这里学生们对中国很感兴趣,也非常 喜欢学习汉语,高中二年级的学生全部都能达到HSK三级水平,高二一半 能达到HSK四级,等到高三时有的学生就达到HSK级,2017年11月,国 家汉办在新光习经院设立了HSK网考点,由此可见新光习经院中文专业在 东爪哇的重要性。
Meskipun Indonesia adalah negara yang 88% dari total penduduknya beragama Islam, tetapi ia sedang melaksanakan reformasi dan toleransi terhadap budaya lain. PP NURUL JADID sangat menghormati guru-guru Tiongkok, dan sangat memperhatikan mereka dalam kehidupan, dan memenuhi semua keperluannya dengan sebisa mungkin.
Foto-foto guru Tiongkok yang pernah mengajar di sini selama tahun-tahun dulu digantung di dinding belakang ruang kelas untuk menunjukkan rasa hormat. Para siswa di sini sangat tertarik pada Tiongkok, dan juga sangat menyukai belajar bahasa Mandarin.
Siswa tingkat dua di Sekolah Menengah Atas (SMA) semuanya dapat mencapai HSK 3, dan setengah siswa dapat mencapai HSK 4. Beberapa siswa tingkat tiga SMA, dapat mencapai level HSK 5. Pada November 2017, PP NURUL JADID menjadi salah satu tempat ujian HSK yang dirikan Pusat Institute Konfusius. Itu menunjukkan bahwa jurusan Bahasa Mandarin di PP NURUL JADIO memiliki kedudukan penting di Jawa Timur.
1 comments
Sebuah catatan yang perlu didaras dan dibahas untuk pengembangan bahasa Mandarin di Nurul Jadid.
BalasHapus